Varian Irish Coffee Khas Irlandia, Wajib di Coba!

Irish Coffee atau kopi Irlandia merupakan salah satu menu ikonik dalam dunia kopi. Minuman ini juga dikenal dengan sebutan Kopi Gaelic atau Floater Coffee, dan biasanya kopi ini disajikan sebagai hidangan penutup atau dessert. Kopi Irlandia ini biasanya disajikan secara layer, agar tidak tercampur satu sama lain dan akan terasa lebih nikmat.”
Asiapramulia.com – Irish Coffee menjadi salah satu minuman jenis koktail yang terbuat dari seduhan kopi dan gula, yang kemudian dicampur dengan wishkey dan whipped cream sebagai topping. Irish Coffee biasanya dijadikan asupan penghangat tubuh, tapi tahukah Sobat ASPRA kopi satu ini cukup populer di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kopi ini biasanya dijadikan sebagai menu kedai kopi yang bertema modern dan kekinian.
Umumnya irish coffee mengandung campuran whiskey, tapi bukan hanya itu saja loh Sobat ASPRA, ternyata irish coffee bisa di jadikan beberapa variasi menu berikut :
1. Spiced Irish Coffee

Signature Cocktail: Spiced Irish Coffee

                                                                         (sumber : ohsobeautifulpaper.com)

Spiced Irish Coffee adalah kopi yang diberikan tambahan liquor dan sirup pumpkin, serta topping whipped cream. Kopi ini pun cenderung memiliki rasa spicy, dan biasanya banyak ditemukan dinegara-negara Barat yang disajikan pada momen atau perayaan-perayaan tertentu.
2. Kahlua, Eggnog, dan Jameson Irish Whiskey Cocktail

Eggnog Kahlua and Irish Whiskey Cocktail

                                                                            (sumber : creative-culinary.com)

Berikutnya ada varian irish coffee yang ditambahkan campuran eggnog. Eggnog sendiri merupakan minuman manis yang berbahan dasar kuning telur yang dikocok, dan terdapat tambahan air, gula, susu, dan rempah-rempah lainnya. Bisa terbayang bukan Sobat ASPRA minuman ini memiliki kaya rasa dan kenikmatan yang bertahan lama.
3. Baileys Irish Affogato

Baileys Affogato Recipe [Video] - Sweet and Savory Meals

                                                                          (sumber : sweetandsavorymeals.com)

Baileys Irish Affogato menjadi kombinasi antara minuman dari Irlandia dengan Italia, karena Affogato berasal dari Italia. Baileys Irish Affogato sendiri berbahan dasar es krim yang dituangkan espresso, kemudian ditambahkan double shots irish cream di bagian atasnya.
4. Minty and Boozy St. Patty’s Day Iced Coffee

Minty & Boozy St. Patty's Day Iced Coffee - Foxes Love Lemons | Irish coffee recipe, Coffee recipes, Coffee drinks

                                                                                 (sumber : pinterest.nz)

Varian ini cukup sederhana loh Sobat ASPRA, merupakan campuran irish coffee yang ditambahkan sedikit ekstrak daun peppermint. Sehingga kopi ini terasa lebih manis dan bersahabat di lidah Sobat ASPRA.
5. Coffee Tequila Cream Cocktail with Cinnamon Whipped Cream

Coffee Tequila Cream Cocktail with Cinnamon Whipped Cream | www.honeyandbirch.com #drinks

                                                                         (sumber : honeyandbirch.com)

Irish Coffee bisa juga dicampur dengan tequila dan cinnamon whipped cream. Dijamin ketagihan loh Sobat ASPRA, kalau sudah mencoba varian irish coffee satu ini.
6. The Chilly Irishman
Varian minuman kali ini memiliki tekstur yang lebih ringan dan creamy loh Sobat ASPRA. Jika selama ini irish Coffee memiliki rasa yang mencolok, maka tambahan topping berupa butiran coklat memberikan sensasi rasa yang lebih smooth. Tidak heran jika varian minuman ini menjadi favorit banyak pecinta kopi.
7. Irish Coffee Milkshake with Whiskey Caramel

Irish Coffee Milkshake with Whiskey Caramel | Boozy milkshake, Coffee milkshake, Liqueur drinks

                                                                            (sumber : pinterest.nz)

Minuman yang satu ini merupakan campuran dari espresso, whiskey, caramel, es krim dan sedikit tambahan susu. Semua bahan yang digunakan merupakan kombinasi yang sempurna untuk menciptakan kenikmatan yang tak tertandingi.
8. Turtle Coffee Cocktail

Turtle Iced Coffee - Mom Loves Baking

                                                                           (sumber : momlovesbaking.com)

Turtle Coffee Cocktail terbuat dari campuran Irish Coffee dengan tambahan coklat, sirup caramel, dan pecan nut yang sudah di hancurkan sebelumnya. Tambahan kacang ini sendiri bisa memberikan tekstur yang menyenangkan pada saat meminumnya.
9. Irish Coffee Royale

9 VARIASI IRISH COFFEE YANG PATUT DICOBA | Otten Coffee

                                                                          (sumber : ottencoffee.co.id)

Varian irish coffee yang terakhir memiliki kesan yang lebih wah jika dibandingkan dengan varian irish coffee lainnya. Irish Coffee Royale ini merupakan minuman dengan tambahan 1 shot brandy. Brandy sendiri istilah umum untuk minuman anggur hasil distilasi yang mempunyai kadar etil alkohol sekitar 35-60%.
Itulah beberapa variasi menu irish Coffee, ternyata ada banyak juga ya Sobat ASPRA variannya. Kira-kira Sobat ASPRA tertarik mencoba variasi menu irish coffee yang mana nih??
 
Sumber : ottencoffee.com, id.wikipedia.org

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dirrect Chat
Need Help?
Halo Saya Yunny, Ada yang bisa di bantu ?