Minuman Khas Natal di Berbagai Belahan Dunia

“Perayaan Natal sudah menjadi tradisi yang dilestarikan dari tahun ke tahun. Sama halnya dengan perayaan hari raya lain, Natal juga dimeriahkan dengan berbagai macam hidangan yang menggiurkan. Uniknya, dari satu negara dengan negara lain memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam merayakan Natal.”
Asiapramulia.com – Setiap tanggal 25 Desember, umat kristiani melakukan perayaan Natal sebagai hari kelahiran Yesus Kristus. Tidaklah heran perayaan ini menjadi tradisi yang membawa kebahagiaan. Tradisi perayaan Natal sangat beragam, mulai dari menghias pohon Natal, berbagi hadiah, tukar kado, membuat kue Natal, dan masih banyak lagi.
Tahukah Sobat ASPRA, masing-masing negara memiliki tradisinya sendiri, salah satunya adalah tradisi minuman Natal yang biasa disediakan diberbagai negara. Yuk kita simak bersama!
1. Kompot (Ukraina, Rusia dan Polandia)

Polish Dried Fruit Compote Drink (RECIPE!) | Polonist

                                                                                    (sumber : polonist.com)

Kompot merupakan minuman Natal yang terbuat dari air rebusan buah-buahan dan gula. Minuman ini biasanya disajikan di akhir tahun, diwilayah Ukraina, Polandia, Rusia, dan beberapa wilayah bangsa Slavia di Eropa Timur. Ada juga yang mengatakan bahwa Kompot adalah versi selai buah yang bisa diminum, bebas dari alkohol, sehingga aman dikonsumsi oleh siapapun.
Dari segi rasa, minuman khas Natal ini tergantung dari buah apa yang direbus. Biasanya buah yang digunakan pun tergantung dari jenis buah yang tengah panen dipenghujung tahun tersebut.
2. Sorrel (Jamaika)

Jamaican Sorrel Drink - That Girl Cooks Healthy

                                                                       (sumber : thatgirlcookshealthy.com)

Minuman selanjutnya adalah “Sorrel”, dengan bahan utama hibiscus. Minuman ini hanya diolah di bulan Desember, karena bahan utama minuman ini hanya bersemi di penghujung tahun khususnya di wilayah Jamaika. Sorrel biasanya disajikan dalam kondisi dingin dengan campuran perasa seperi kayu manis, jahe, dan juga mint. Minuman ini banyak dikonsumsi oleh orang dewasa, karena adanya campuran minuman beralkohol (rum atau anggur).
3. Coquito (Puerto Riko)
The Best Coquito Recipe - Puerto Rican Eggnog - The Novice Chef

                                                                        (sumber : thenovicechefblog.com)

Minuman ketiga datang dari negara Puerto Riko, yang sering kali disajikan menjelang Natal dan tahun baru. Coquito minuman dengan bahan dasar santan kental, susu, rum dan pengharum kayu manis dan lada. Dimana untuk mengolah minuman ini biasanya akan dicampur jadi satu, dan dikocok menggunakan botol shaker.
Menurut masyarakat Puerto Riko, perayaan Natal akan terasa kurang lengkap jika belum ditemani segelas coquito. Khusus untuk anak-anak, biasanya coquito disajikan tanpa tambahan rum atau whiskey.
4. Bombardino (Italia)

Warm Up with Bombardino | Italy Magazine

                                                                            (sumber : italymagazine.com)

Bombardino merupakan minuman sejenis eggnog yang berasal dari Italia, yang cocok dikonsumsi pada musim dingin, karena mampu memberikan kehangatan tubuh. Minuman ini berbahan utama telur dan susu, serta diberikan campuran wisky atau brendy yang diberikan tambahan krim kocok serta bubuk kayu manis.
5. Irish Coffee (Irlandia)

Irish Coffee - How to Make It Right | Downshiftology

                                                                             (sumber : downshiftology.com)

Minuman yang terakhir adalah “Irish Coffee”. Tahukah Sobat ASPRA Irish Coffee yang disajikan pada umumnya dan pada saat Natal berbeda? Irish Coffee yang disajikan pada saat Natal biasanya memiliki tambahan liqueurs, agar bisa menghangatkan tubuh pada saat musim dingin. Untuk mempercantik tampilan, Irish Coffee akan disajikan dengan hiasan whipped cream serta taburan kayu manis.
 
Itulah beberapa minuman khas Natal yang ada di berbagai negara. Tentunya masing-masing negara memiliki keunikan dan tradisinya masing-masing. Kalau Sobat ASPRA kira2 punya tradisi apa nih saat menjelang perayaan Natal? Coba tulis di kolom komentar.
 
Sumber : kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dirrect Chat
Need Help?
Halo Saya Yunny, Ada yang bisa di bantu ?