Manfaat Konsumsi Kacang bagi Kesehatan Tubuh

“Kacang-kacangan menyimpan beragam manfaat, tidak hanya cocok dijadikan sebagai camilan, kacang juga sering digunakan sebagai campuran bahan makanan. Konsumsi kacang dipercaya mampu menekan risiko berbagai penyakit berbahaya, karena kandungan nutrisi di dalamnya. Tapi perlu diimbangi juga dengan konsumsi makanan bernutrisi ya Sobat ASPRA.”
Asiapramulia.com – Kacang-kacangan merupakan salah satu bahan makanan yang paling bergizi dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat kacang yang dapat kita peroleh mulai dari asam lemak tak jenuh, protein, serat, vitamin E, magnesium, fosfor, tembaga, mangan, selenium, dan omega-3. Tahukah Sobat ASPRA bahwa kacang-kacangan diperoleh dari biji buah suatu tumbuhan, dan perlu diingat kacang juga mengandung kalori yang tinggi sehingga konsumsinya tetap harus dibatasi.
Konsumsi kacang-kacangan dianjurkan hanya sekitar 4 porsi setiap minggunya, dengan 1 porsi kacang seberat 42,5 gram. Disarankan juga mengonsumsi kacang panggang dengan kandungan garam yang rendah, agar Sobat ASPRA memperoleh hasil yang maksimal. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat kacang bagi kesehatan :
1. Menurunkan kadar kolestrol jahat
Kacang mengandung lemak baik berupa lemak tak jenuh, yang jika dikonsumsi dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Didalam kacang juga terkandung fitosterol yang mampu mengurangi penyerapan kolestrol dari saluran cerna ke dalam aliran darah.
2. Meningkatkan fungsi arteri
Didalam kacang terkandung zat bernama ariginin, yang mampu meningkatkan fungsi arteri yaitu pembuluh darah yang mengalirkan darah kaya akan oksigen ke seluruh tubuh. Ariginin merupakan asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi oksida nitrat, yang berfungsi melebarkan pembuluh darah. Dapat dikatakan kandungan ariginin membantu dinding arteri lebih elastis serta mengurangi risiko terbentuknya sumbatan di pembuluh darah.
3. Menurunkan risiko penyakit jantung
Manfaat selanjutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Tentunya dengan memperhatikan jumlah konsumsi kacang yang cukup ya Sobat ASPRA.
4. Menurunkan berat badan
Kandungan kalori yang tinggi pada kacang, membuat kebanyakan orang berpikir bahwa mengonsumsi kacang-kacangan bisa menaikkan berat badan. Tapi tahukan Sobat ASPRA berdasarkan penelitian konsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan.
Kandungan serat yang tinggi dalam kacang juga mampu memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk makan secara berlebihan akan berkurang.
5. Menjaga kesehatan penderita diabetes dan sindrom metabolik
Dan manfaat yang terakhir dari kacang adalah menjadi salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi penderita diabetes dan sindrom metabolik. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan kandungan karbohidrat yang rendah pada kacang dan tidak berpotensi meningkatkan kadar gula darah.
Didalam kacang juga terkandung zat antiradang yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh yang seringkali dialami penderita diabetes maupun sindrom metabolik.
 
Terdapat beberapa rekomendasi kacang yang bisa kita peroleh manfaatnya, mulai dari kacang tanah, kacang almond, kacang mete, kacang pistachio, dan kacang kenari. Tapi tetap harus diingat ya Sobat ASPRA untuk memperhatikan jumlah kacang yang Sobat ASPRA konsumsi, sekalipun banyak nutrisi terkandung didalamnya.
 
Sumber : alodokter.com
 

1 thought on “Manfaat Konsumsi Kacang bagi Kesehatan Tubuh”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dirrect Chat
Need Help?
Halo Saya Yunny, Ada yang bisa di bantu ?