“Sejumlah Pantangan Selama Perayaan Tahun Baru Imlek”

“Orang Tionghoa percaya Festival Musim Semi atau yang dikenal dengan sebutan Imlek menjadi salah satu perayaan yang dipenuhi dengan sukacita. Menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat, peringatan Tahun Baru Imlek pada tahun ini akan jatuh pada hari Minggu 22 Januari mendatang.”
Asiapramulia.com – Beragam cara dilakukan warga keturunan China atau Tionghoa saat menyambut Tahun Baru Imlek, ada yang menghias rumah dengan ornamen merah imlek, hingga mempersiapkan hidangan spesial khas Imlek. Meski dikenal dengan perayaan yang penuh sukacita, ternyata momen ini memiliki beberapa pantangan yang harus dihindari saat perayaan Imlek loh Sobat ASPRA.
Berikut beberapa tradisi turun-temurun yang merupakan pantangan dan tidak boleh dilakukan saat perayaan Imlek :
1. Tidak Boleh Menyapu Saat Imlek
6 Pantangan Hari Raya Imlek yang Wajib Dihindari - Blog Ruparupa

                                                                           (sumber : ruparupa.com)

Pantangan yang satu ini sudah sangat tidak asing, dimana Sobat ASPRA dan anggota keluarga yang merayakan tidak boleh menyapu lantai atau membersihkan rumah. Menurut kepercayaan, jika Sobat ASPRA menyapu tanah melewati ambang pintu, sama hal nya dengan menyapu salah satu keluarga.
Menyapu debu dan kotoran dari rumah melalui pintu masuk depan juga diyakini menyapu bersih keberuntungan keluarga. Jika Sobat ASPRA memang ingin menyapu, sebaiknya menyapu kearah dalam rumah agar tidak ada kerugian yang akan terjadi. Namun disarankan untuk menyapu seluruh rumah sebelum Imlek, agar Sobat ASPRA tetap mendapatkan keberuntungan.
2. Pantang Bicara Kasar
Saat perayaan Imlek, setiap orang harus menahan diri untuk berbicara kasar. Penggunaan kata dengan konotasi negatif dan kata “empat”, kematian, sakit, hantu, dll, tidak boleh diucapkan, karena bisa membawa sial.
3. Tidak Boleh Menangis Saat Imlek
Selama perayaan Imlek Sobat ASPRA juga tidak boleh bersedih, karena bisa mendatangkan kesialan dan akan merasakan kesedihan sepanjang tahun. Jika anak-anak berbuat salah, Sobat ASPRA harus ditolerasi dengan tidak menegurnya untuk menghindari anak-anak yang menangis.
4. Jangan Gunakan Pisau dan Gunting
Tahukah Sobat ASPRA, pada Hari Tahun Baru Imlek kita harus menjauhkan diri dari pisau atau gunting, karena dipercaya bisa memotong kekayaan dan kesuksesan.
5. Memberi Salam Saat Seseorang Berada di Tempat Tidur
6 Rekomendasi Kado dan Hadiah Imlek untuk Keluarga

                                                                                (sumber : popbela.com)

Pantangan berikutnya, jangan memberi salam saat seseorang masih berada di atas ranjang tanpa menggunakan pakaian rapi. Dipercaya hal ini bisa menjadi doa negatif kepada si penerima salam. Nah, sebaiknya bergegaslah mandi dan memakai pakaian rapi untuk memberi salam agar hal negatif tidak terjadi.
6. Memakan Bubur di Hari Pertama Imlek
Pada zaman dulu, dipercaya jika bubur identik sebagai hidangan orang miskin. Jika Sobat ASPRA membuat sarapan bubur di hari pertama Imlek, dipercaya bisa mendatangkan kesusahan dan tidak mengalami kemakmuran di tahun yang baru.
7. Menagih dan Meminjam Uang

10 Hal yang Tabu Dilakukan Saat Imlek, Salah Satunya Menagih Hutang, Bisa Bikin Sial Sepanjang Tahun - Portal Jogja - Halaman 3

                                                                     (sumber : portaljogja.pikiran-rakyat.com)

Tidak boleh menagih atau meminjam uang, menurut pengertian dari Tahun Baru Imlek setiap orang bebas merasakan sukacita dan merayakannya tanpa khawatir membayar utang. Selain itu, menagih atau meminjam uang bisa membawa nasib buruk untuk kedua belah pihak.
Itulah beberapa pantangan-pantangan yang harus Sobat ASPRA hindari saat perayaan Imlek. Diluar penjelasan diatas, masih terdapat beberapa pantangan-pantangan lain yang harus dihindari, untuk menjauhkan kita dari malapetaka. Kira-kira persiapan apa nih yang sudah Sobat ASPRA lakukan menjelang perayaan Imlek?
 
Sumber : validnews.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dirrect Chat
Need Help?
Halo Saya Yunny, Ada yang bisa di bantu ?