Fakta Unik! Dibalik Simbol Perayaan Natal

“Momen Natal menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu terutama bagi umat Kristiani. Perayaan Natal yang semakin dekat membuat banyak keluarga mulai berkumpul, untuk membuat kue bersama, memasang pernak-pernik pohon Natal seperti bola, lampu, lilin, dll. Tidak heran jika momen Natal disebut sebagai momen keluarga.”
Asiapramulia.com – Perayaan Natal tidak pernah lepas dari sosok Sinterklas, pohon Natal, hadiah dan berkumpul bersama keluarga. Tahukah Sobat ASPRA, ternyata terdapat sejumlah fakta unik di balik simbol perayaan Natal tersebut. Mari kita simak bersama beberapa fakta unik di balik simbol perayaan Natal :
1. Pohon Natal

120 Best Christmas Tree Decorating Ideas That You'd Have to Take Inspiration From - Hike n Dip | Christmas decorations rustic tree, Christmas tree themes, Rustic christmas tree

                                                                                    (sumber : pinterest.com)

Pohon Natal merupakan sebutan identik dari pohon cemara yang dihias. Di abad ke-16, orang Kristen Jerman membawa pohon cemara ke dalam rumah sebagai simbol kehidupan abadi. Ratu Victoria pernah menyuruh suaminya yang berkebangsaan Jerman, yaitu Pangeran Albert, untuk mendirikan pohon Natal di istana, sehingga praktik ini pun dijadikan symbol Natal di Inggris dan Amerika, dan seluruh dunia.
2. Karangan Bunga
Cara Membuat Karangan Bunga Natal untuk Mempercantik Pintu Rumah Halaman all - Kompas.com

                                                                                   (sumber : kompas.com)

Fakta unik selanjutnya adalah karangan bunga yang berkembang di Jerman, dimana pada abad ke -16. Karangan bunga yang dibuat melingkar dari pohon cemara, memiliki arti kelahiran kembali musim semi.
3. Gingerbread atau Roti Jahe
Soft & Chewy Gingerbread Men Cookies - Mom Loves Baking

                                                                   (sumber : momlovesbaking.com)

Gingerbread atau roti jahe menjadi salah satu hidangan yang populer di Eropa. Penyebaran roti jahe berasal dari Asia kemudian menyebar di Eropa pada Abad Pertengahan.
4. Lampu Natal
Martin Luther disebut sebagai orang pertama yang meletakkan lampu di pohon Natal (abad ke-16). Suatu malam, dia berjalan di hutan dan terinspirasi oleh bintang-bintang yang bersinar di pepohonan. Sehingga ketika Martin Luther tiba di rumah, ia berusaha menciptakan kembali apa yang dilihatnya kepada keluarganya. Ia meletakkan pohon di ruang tamu dan memasang lilin yang menyala di cabang-cabangnya.
5. Lilin
Fakta unik simbol natal lainnya adalah “lilin dan api”. Kedua simbol ini melambangkan harapan, kehangatan, dan kelahiran kembali.
6. Bintang
Selain lilin dan lampu sebagai simbol cahaya, bintang juga menjadi salah satu simbol cahaya saat perayaan Natal. Sering kali kita meletakkan bintang diatas pohon Natal, memotong kue berbentuk bintang, atau meminta anak-anak membuat kerajinan Natal berbentung bintang dari gulungan kertas tisu.
7. Kaus Kaki
Sejarah Dibalik Kaus Kaki Natal yang Melegenda

                                                                                   (sumber : moneter.id)

Fakta unik lainnya adalah kaus kaki, yang sangat identic dengan permohonan kepada Sinterklas. Menurut sebuah legenda, kisah Sinterklas cukup unik dan menarik. Sinterklas sendiri mendengar ke khawatiran seorang ayah terhadap anak-anaknya, yang kemudian ia menyelinap masuk melalui cerobong asap keluarga tersebut. Setelah berhasil masuk Sinterklas melihat kaus kaki yang mongering diatas perapian, lalu mengisinya dengan koin emas dan menghilang.
8. Jeruk Natal
Dalam cerita rakyat kaus kaki St. Nicholas yang asli, terkadang sinterklas meninggalkan jeruk di dalam kaus kaki, dan bukan koin emas. Simbol Natal yang satu ini memang kurang dikenal, namun hal ini terjadi di abad ke-19.
9. Warna Natal
Selanjutnya adalah warna Natal yang sangat identik dengan warna merah dan hijau. Warna hijau sendiri diartikan sebagai tanaman dan pepohonan yang mewakili musim semi yang akan datang.
10. Permen Tongkat
This Is Why We Eat Candy Canes on Christmas — Eat This Not That

                                                                               (sumber : eatthis.com)

Menurut sejarah, kue tongkat pertama kali ditemukan oleh seorang master paduan suara. Permen tongkat ini menjadi sangat populer dan enak untuk suguhan Natal. Menurut beberapa cerita, warna putih pada permen tongkat melambangkan kemurnian dan merah melambangkan darah Kristus. Hingga pada tahun 1920-an, permen tongkat ini mulai diproduksi secara massal di Amerika.
11. Peri Natal
Fakta berikutnya, keberadaan peri Natal sering kali dikaitkan dengan kisah Sinterklas pada abad ke-19. Kisah peri ini muncul dalam cerita rakyat Skandinavia, Celtic, dan Jerman. Hingga saat ini, peri Natal menjadi symbol yang biasanya muncul dalam film-film Natal.
12. Acar Natal
Tahukah Sobat ASPRA, ternyata terdapat hiasan acar yang tergantung di pohon Natal? Konon katanya jika menemukannya terlebih dahulu, kita akan mendapatkan keberuntungan.
13. Lonceng
lonceng-natal - Nihao Indonesia

                                                                               (sumber : nihaoindo.com)

Simbol yang terakhir adalah lonceng, mengapa demikian? Jika Sobat ASPRA perhatikan di kereta luncur terdapat lonceng, gereja juga memiliki lonceng, sehingga lonceng menjadi identik dengan perayaan Natal. Lonceng gereja yang dibunyikan menandakan peristiwa pening, seperti ulang tahun Kristus, mulainya kebaktian, dll. Selain itu, lonceng dalam tradisi pangan dan Kristen konon digunakan untuk megusir roh jahat.
Itulah fakta-fakta terkait simbol Natal yang mungkin sudah Sobat ASPRA ketahui ataupun baru ketahui. Ternyata simbol-simbol yang selama ini ktia anggap sepele memiliki makna dan arti tersendiri.
 
Sumber : cnnindonesia.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dirrect Chat
Need Help?
Halo Saya Yunny, Ada yang bisa di bantu ?