Fakta tentang Tiramisu, Dessert Khas Italia

“Tiramisu menjadi salah satu dessert khas Italia yang paling mendunia. Tiramisu sendiri diambil dari kata tireme sù yang berarti “ambillah aku”, hal ini merujuk pada efek stimulasi dari kafein yang terdapat pada espresso dan cokelat. Terbuat dari mascarpone, kue bolu, biskuit ladyfinger yang disiram kopi, dan ditaburi dengan bubuk kakao.”
Asiapramulia.com – Di Indonesia hidangan penutup khas Italia ini sudah cukup populer dan banyak ditemui dibanyak restoran. Rasanya yang lezat, terkturnya yang lembut dan meleleh saat dimasukan di dalam mulut, membuat hidangan satu ini banyak digemari oleh berbagai kalangan. Tahukah Sobat ASPRA ternyata tiramisu sendiri memiliki beberapa fakta menarik yang perlu diketahui. Yuk kita simak bersama-sama :
1. Bukan hanya sekedar krim

A history of tiramisu, the coffee-infused Italian classic | National Geographic

                                                                 (sumber : nationalgeographic.co.uk)

Tiramisu sering kali dianggap sebagai kue krim biasa. Faktanya, La Cucina Italiana menulis bahwa tiramisu terbuat dari biscuit savoiardi (lady finger atau biskuit spons) yang di celupkan ke dalam espresso, kemudian diberikan lapisan keju mascarpone, telur kocok yang diberi gula dan krim, serta taburan bubuk cokelat/kakao dibagian atasnya.
Terdapat pula beberapa olahan tiramisu yang diberikan campuran rum atau minuman alcohol seperti baileys, kahlua, amaretto, dan coffee liquor. Hidangan penutup satu ini sangat cocok disajikan dalam keadaan dingin.
2. Hidangan penutup paling ikonik di Italia

Classic Tiramisù Recipe - NYT Cooking

                                                                        (sumber : cooking.nytimes.com)

Tiramisu menjadi salah satu hidangan penutup yang sejarahnya masih diperdebatkan loh Sobat ASPRA. Hidangan penutup ikonik dari Italia ini, menjadi salah satu hidangan penutup yang paling banyak di cari di internet. Karena kepopulerannya, kata tiramisu tercantum dalam kamus bahasa sebanyak 23 bahasa.
Kepopuleran tiramisu semakin memuncak di San Fransisco, Amerika Serikat pada 1990an ketika film Sleepless in Seattle (1993) muncul. Dimana terdapat adegan aktor Tom Hanks yang mengatakan bahwa tiramisu menjadi makanan misterius yang disukai perempuan. Bahkan kepopulerannya membuat tiramisu dirayakan setiap tahunnya pada 21 Maret loh Sobat ASPRA.
3. Sejarah yang diperdebatkan
Seiring berjalannya waktu, timbullah varian tiramisu yang beraneka ragam sama seperti sejarahnya. Beberapa sejarah mengatakan bahwa tiramisu sudah ditemukan sejak abad ke-19, dimana seorang pemilik rumah bordil di Treviso menyajikan hidangan ini.
Terdapat juga fakta lainnya, yang mengklaim tiramisu sudah ada sejak abad ke-18 saat jamuan amakn para aristokrat Italia. Hidangan ini kemudian dibandingkan dengan manisan yang bernama Dolce del Principe atau Zuppa del Duca yang disajikan saat kunjungan Grand Duke of Tuscany ke Siena dalam perayaan Cosimo III de’Medici.
Sejarah lainnya, ada yang mengatakan bahwa tiramisu menjadi hidangan yang terdapat dalam resep milik Pellegrino Artusi dalam buku Sciene in the Kitchen and The Art of Eating Well (1890an). Dalam resep ini terdapat bahan berupa biskuit ladyfinger yang dicelupkan dalam larutan buah persik dan diberi lapisan krim ricotta.
4. Cetak rekor Guiness World Record

The longest tiramisu | Very Life Victory

                                                                                  (sumber : vlv-mag.com)

Fakta berikutnya sangat menarik loh Sobat ASPRA, dimana tiramisu telah mencetak rekor dalam segi kuantitas di Italia. Pada tahun 2015, tiramisu terbesar diproduksi di Gemona del Friuloi, Italia, pada 24 Mei 2015. Associanzione Cons.erva bersama dengan Despar, Latte Blanc, Caffe Toto, dan Uova Pascolo membuat tiramisu seberat 3,015 kilogram dengan krim zabaione, kopi, mascarpone, krim, biskuit ladyfinger, gula, bubuk cokelat, dan krim kocok.
Kemudian pada 16 Maret 2019, terdapat rekor terbaru dengan kategori tiramisu terpanjang di Milan, Italia. Seorang produsen keju Italian Galbani membuat tiramisu terpanjang dengan ukuran 273,5 meter bersama dengan siswa Milan Cooking School dan arahan Chef Stefano Callegaro. Dimana kemudian tiramisu ini dibagikan ke ribuan orang yang berdonasi untuk rumah sakit anak setempat.
 
Itulah beberapa fakta unik tentang, hidangan penutup paling ikonik di Italia. Kira-kira Sobat ASPRA pernah coba tiramisu dessert?
 
Sumber : hypeabis.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dirrect Chat
Need Help?
Halo Saya Yunny, Ada yang bisa di bantu ?