Fakta Menarik Tahun Baru, Jarang Diketahui!

“Tahun baru menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu loh Sobat ASPRA, dan perayaan pergantian tahun ini dilakukan oleh berbagai kalangan didunia. Walaupun tidak wajib dilakukan, perayaan ini sering kali dipersiapkan dengan begitu meriah. Tidak sedikit orang-orang memilih merayakan tahun baru di rumah bersama keluarga dan orang-orang terdekat.”
Asiapramulia.com – Tahukah Sobat ASPRA, pada kalender Masehi Gregorian, tahun baru jatuh pada tanggal 1 Januari. Di Indonesia, perayaan tahun baru sangat identik dengan menggelar pesta kembang api. Nah, ternyata terdapat beberapa fakta-fakta mernarik dari perayaan tahun baru  loh Sobat ASPRA, yuk kita simak bersama :
1. Perayaan tahun baru pertama, ada sejak 4.000 tahun lalu
Semarak Perayaan Tahun Baru 2022 di Sejumlah Negara Dunia

                                                                                (sumber : detiknews.com)

Julius Caesar, seorang kaisar Roma merupakan orang pertama yang menetapkan tanggal 1 Januari sebagai hari libur nasional. Julius Caesar menamai bulan itu dengan Janus, dewa pintu dan gerbang Romawi. Janis sendiri memiliki dua wajah, dimana satu sisi melihat ke depan dan satu lagi melihat ke belakang.
2. 45% orang Amerika membuat resolusi tahun baru
Menjelang pergantian tahun baru, hampir sebagian dari setengah dari populasi orang di Amerika Serikat membuat resolusi di tahun baru. Ada yang memiliki resolusi untuk menurunkan berat badan, menabung, berhenti merokok, dll.
3. Makan sayuran hijau di tahun baru
Menurut tradisi, semakin banyak seseorang mengonsumsi sayuran hijau, dipercaya semakin banyak pula kemakmuran yang akan dialami. Terdapat juga tradisi yang mengatakan kacang-kacangan dapat membawa kemakmuran karena bentuknya yang seperti koin. Sehingga banyak orang makan kacang polong pada 1 Januari.
4. Merayakan tahun baru dengan membuka botol sampanye

Kenapa Sih Harga Sampanye Bisa Mahal? - USS Feed

                                                                             (sumber : ussfeed.com)

Tahukah Sobat ASPRA, orang Amerika minum hamper 360 juta gelas anggur bersoda pada saat perayaan tahun baru.
5. Berkumpul di Time Square New York City

2023 Guide to CELEBRATING NYE in Times Square (Worth It?)

                                                                             (sumber : newyorksimply.com)

Pada malam tahun baru, terdapat kira-kira sekitar 1 juta orang berkumpul di Times Square New York. Malam menjelang pergantian tahun, biasanya dilakukan penurunan Eve Ball. Eve Ball pertama pada tahun 1907 dengan bobot 700 pon dan dinyalakan dengan 100 lampu dengan daya 25 watt.
Pada saat tahun baru, ditutup dengan 2.688 kristal yang diterangi oleh 32.000 lampu LED dengan berat 11.875 pon, dan diameter 12 kaki.
New Year's Eve

                                                                                   (sumber : silive.com)

6. Menyanyikan lagu Auld Lang Syne
Lagu Auld Lang Syne ditulis oleh seorang penyari bernama Robert Burns pada tahun 1788. Kebanyakan orang yang menyanyikan lagu ini, tidak tahu kata-kata dalam lagu Auld Lang Syne. Tahukah Sobat ASPRA, ternyata lagu ini memiliki pesan bahwa seseorang harus mengingat orang yang mereka cintai, hidup atau mati, dan menjaga mereka tetap dekat di hati.
7. Menggunakan kostum unik melalui Balai Kota
Fakta berikutnya adalah, sebanyak 10.000 peserta melewati Balai Kota dengan tampilan kostum yang unik-unik. Parade ini berlangsung di Parade Mummers, Philadelphia, dimana pada pertengahan abad ke-17, parade ini dilakukan dengan menggabungkan beberapa unsur. Gabungan beberapa unsur warisan budaya ini ada dari Irlandia, Jerman, Inggris, Swedia, dan Eropa lainnya.
8. Banyaknya kejadian pencurian kendaraan.
Fakta menarik yang terakhir dari perayaan tahun baru adalah kendaraan yang dicuri lebih banyak jika dibandingkan dengan hari libur lainnya. Hal ini di dukung dari data statistik Biro Kejahatan Asuransi Nasional. Sasaran kejahatan pun tidak hanya menargetkan mobil baru, mobil lama pun bisa menjadi sasaran kejahatan.
Nah Sobat ASPRA itulah tadi beberapa fakta menarik terkait perayaan tahun baru, siapa sangka ternyata perayaan ini sudah ada sejak 4.000 tahun lalu. Menjelang perayaan tahun baru, Sobat ASPRA sudah membuat recana perayaan tahun baru?
 
Sumber : tribunnews.com

1 thought on “Fakta Menarik Tahun Baru, Jarang Diketahui!”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dirrect Chat
Need Help?
Halo Saya Yunny, Ada yang bisa di bantu ?