Minuman Khas Imlek, Menyegarkan dan Menyehatkan!

“Menjelang perayaan Imlek, berbagai jenis makanan mulai dipersiapkan untuk meyambut keluarga atau kerabat terdekat yang berkunjung. Makanan yang disajikan biasanya memiliki makna dan simbol kebaikan. Terdapat juga beberapa minuman khas Imlek yang biasa dihidangkan selama perayaan Imlek di Indonesia.”
Asiapramulia.com – Ternyata mayoritas masyarakat Indonesia hanya mengetahui hidangan makanan yang biasanya disajikan pada saat perayaan Imlek. Tapi tahukah Sobat ASPRA, terdapat beberapa minuman khas Imlek saat perayaan tahun baru ini berlangsung. Sama halnya dengan makanan, minuman khas Imlek dijadikan simbol baik, yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Yuk kita simak bersama minuman khas Imlek berikut ini :
1. Jus Buah Plum

5 Minuman Khas Imlek yang Menyegarkan dan Menyehatkan

                                                                               (sumber : food.detik.com)

Salah satu buah khas Imlek selain buah jeruk adalah buah plum. Biasanya buah ini digunakan sebagai persembahan. Buah plum sendiri melambangkan keberuntungan, kekayaan, nasib baik dan kesuburan. Buah plum sering kali dijadikan sebagai hadiah ataupun minuman yang menyegarkan, karena rasanya yang manis dan asam.
Jus buah plum sendiri mengandung banyak antioksidan dan juga vitamin C dalam jumlah yang banyak. Kandungan vitamin C ini berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
2. Teh Bunga Krisan
5 Minuman Khas Imlek yang Menyegarkan dan Menyehatkan

                                                                            (sumber : food.detik.com)

Seperti namanya, teh yang satu ini berbahan dasar bunga krisan. Bunga krisan dikenal berwarna kuning dan aroma yang harum, sehingga Sobat ASPRA bisa merasa rileks. Teh bunga krisan juga bisa menyembuhkan flu dan mengobati gangguan saraf. Sehingga teh ini dijadikan sebagai teknik pengobatan tradisional sejak dinasi Song.
Setiap perayaan Imlek, biasanya teh bunga krisan ini disajikan untuk menghangatkan tubuh.
3. Minuman Jeruk

5 Minuman Khas Imlek yang Enak dan Berkhasiat - Halaman 6

                                                                                     (sumber : food.detik.com)

Siapa yang tidak mengenal buah jeruk yang sangat identik dengan perayaan Imlek. Jeruk melambangkan keberuntungan karena warnanya oranye yang hamper menyerupai warna emas.
Buah jeruk sering kali disajikan utuh ataupun dijadikan sebagai olahan minuman segar, seperti es jeruk, jus jeruk, hingga cocktail jeruk.
4. Baiju

Baijiu: the Misunderstood Drink of China – The China Culture Corner

                                                                     (sumber : chinaculturecorner.com)

Baiju merupakan arak putih yang biasanya diminum pada saat perayaan Imlek. Arak putih ini berasal dari daratan China, dan biasanya di konsumsi oleh orang-orang dewasa ya Sobat ASPRA. Baiju sendiri terbuat dari hasil penyulingan sorgum, gandum atau beras.
Menjelang perayaan Imlek yang tak lepas dari kondisi cuaca hujan dan dingin, membuat minuman satu ini banyak diminati. Hal ini dikarenakan mengonsumsi baiju untuk menghangatkan tubuh, dan sering digunakan untuk obat patah tulang.
5. Mai Dong

Minuman khas Imlek

                                                                             (sumber : istock.com)

Minuman khas Imlek berikutnya adalah minuman berenergi yang dikemas dalam kemasan botol berwarna biru. Minuman khas Imlek satu ini terbuat dari rempah-rempah khas China, dan tersedia dalam berbagai varian buah.
Orang China biasanya mengonsumsi mai dong untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat minuman yang satu ini diminati banyak orang. Biasanya minuman ini disajikan dalam perayaan Imlek, mai dong umumnya diminum setelah berolahraga dan melakukan aktivitas berat.
Nah, itulah tadi beberapa minuman khas Imlek yang biasa akan disajikan pada saat perayaan Imlek. Ternyata selain nikmat diminum, minuman khas Imlek juga mengandung beberapa manfaat. Kira-kira mana nih minuman favorit Sobat ASPRA?
 
Sumber : food.detik.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dirrect Chat
Need Help?
Halo Saya Yunny, Ada yang bisa di bantu ?