Manfaat Puding Bagi Kesehatan Tubuh

“Puding merupakan hidangan penutup yang sangat populer dan menjadi favorit diberbagai kalangan. Puding sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai jenis toping, mulai dari buah-buahan, vla susu, yogurt, dll. Tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, puding ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.”
Asiapramulia.com – Konsumsi puding ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan loh Sobat ASPRA. Pada dasarnya puding terbuat dari bahan-bahan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti susu, agar-agar, telur, santan, buah-buahan, kelapa muda, coklat, kopi dan tepung. Banyak yang mengira bahwa mengkonsumsi puding bisa meningkatkan berat badan. Tapi tahukah Sobat ASPRA ternyata terdapat berbagai manfaat mengkonsumsi puding, yuk kita simak bersama :
1. Makanan Diet
Resep puding buah mangga, rasanya lezat, creamy, dan segar

                                                                                  (sumber : jangkara.com)

Umumnya kebanyakan masyarakat berpikir bahwa mengonsumsi puding bisa meningkatkan berat badan. Pasalnya puding sendiri mampu membantu menurunkan berat badan loh Sobat ASPRA, hal ini dipengaruhi oleh kandungan serat dari rumput laut yang terkandung di dalam puding (bahan utama agar-agar). Konsumsi puding sendiri bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga bisa mengurangi kebiasaan ngemil yang bisa meningkatkan berat badan.
Konsumsi puding juga mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh, hal ini berpengaruh pada proses system pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh menjadi lebih cepat dan efektif.
2. Mengandung Antioksidan
Tahukah Sobat ASPRA, puding dengan bahan utama agar-agar yang diolah dari rumput laut ini, memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan yang terkandung didalamnya dapat membantu melawan efek radikan bebas yag dapat menimbulkan penyakit kronis seperti kanker.
3. Menstabilkan Kadar Kolestrol
Mampu menstabilkan kadar kolestrol dalam darah menjadi salah satu manfaat mengkonsumsi puding loh Sobat ASPRA. Puding yang terbuat dari bahan agar-agar memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Selain mampu menstabilkan kadar kolestrol, konsumsi puding juga mampu meminimalisir risiko aterosklerosis atau penyumbatan pada pembuluh darah, hal ini dapat memicu penyakit kronis seperti jantung dan stroke.
Beberapa gelas berisi puding buah disajikan dengan rapi.

                                                                             (sumber : masakapahariini.com)

4. Melancarkan Sistem Pencernaan
Pada 100gr puding agar-agar, ternyata mengandung 8gr serat. Melalui kandugan serat yang cukup tinggi ini, konsumsi puding mampu membantu dan merangsang usus agar bergerak lebih aktif. Sehingga melalui kondisi inilah sistem pencernaan menjadi lancar dan mampu mengatasi sulit buang air besar.
5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Agar-agar yang terdapat di dalam puding memiliki kandungan zinc, protein, dan antioksidan yang tinggi loh Sobat ASPRA. Kandungan-kandungan ini memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Hal inilah yang diyakini, jika mengkonsumsi puding agar-agar secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Yang perlu diperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi harus cukup ya Sobat ASPRA, jangan sampai berlebihan.
6. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Pada penjelasan sebelumnya, telah dijelaskan bahwa puding agar-agar mengandung serat, antioksidan, kalium dan kalsium yang mampu menjaga kesehatan organ jantung dan pembuluh darah. Tingginya kandungan nutrisi inilah yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, mengurangi kadar kolestrol, serta mencegah terjadinya penyumbatan dan kerusakan pada pembuluh darah.
 
Nah Sobat ASPRA, itulah beberapa manfaat mengkonsumsi puding yang perlu Sobat ASPRA ketahui. Perlu diingat Sobat ASPRA harus tetap memperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi, jangan berlebihan ya Sobat ASPRA. Dengan begitu, kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam puding, dapat kita rasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
 
Sumber : lemonilo.co

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dirrect Chat
Need Help?
Halo Saya Yunny, Ada yang bisa di bantu ?