7 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

“Bunga telang dengan nama Latin Clitoria ternatea merupakan tanaman yang dikenal karena warnanya yang biru cerah yang sering kali dijadikan sebagai tanaman hias hingga pewarna makanan alami. Faktanya Bunga Telang mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, dan telah digunakan sebagai pengobatan tradisional Asia dan Timur Tengah selama berabad-abad.”
Asiapramulia.com – Tampilan yang menarik dengan perpaduan warna kelopak biru keunguan menjadi salah satu daya tarik dari bunga telang. Apakah Sobat ASPRA menyangka bunga telang menyimpan segudang manfaat? Konsumsi bunga telang dikenal mampu meningkatkan vitalitas dan proses penuaan yang sehat, karena bunga telang memiliki kandingan antioksidan yang tinggi, termasuk antosianidin (yang mendukung kolagen dan elastisitas kulit) dan antosianin (mendukung kesehatan rambut dan mata).
Berikut akan kita bahas lebih lengkap manfaat dari bunga telang ya Sobat ASPRA!
1. Meringankan Gejala Depresi
Bunga telang mengandung asam palmitat yang merupakan senyawa mirip dengan asam linolenat. Asam linoleate merupakan asam lemak omega-3 esensial, yang dapat mengontrol kadar kolestrol dalam darah. Kandungan ini bermanfaat untuk melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan, dan asam palmait memiliki sifat antioksidan yang memiliki peran sebagai antidepresan alami.
2. Mengandung Antioksidan
Bunga telang mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel sehat di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, menyimpulkan jika sumber antioksidan pada bunga telang diperoleh dari hasil ekstrak methanol yang ada di dalamnya.
3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Manfaat bunga telang berikutnya yaitu mempercepat proses penyembuhan luka. Sobat ASPRA bisa meminum bunga telang yang sudah diseduh atau mengoleskan pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat ini diperoleh dari ekstrak biji bunga telang yang mengandung flavonois glikosida, sementara ekstrak tumbuhan mengandung senyawa fenolik.
4. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh
Bunga telang mengandung asam oleat, yang merupakan asam lemak yang sering kali ditemukan pada minyak zaitun. Manfaat kandungan inilah yang dapat mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko kanker pada seseorang.
5. Menurunkan Kolestrol Tinggi
Berikutnya manfaat konsumsi bunga telang yaitu menurunkan kolestrol tinggi (hiperlipidemia). Kolestrol yang dapat dikontrol bisa membantu menjaga organ jantung tetap sehat.
6. Meringankan Gejala Diabetes
Sebagai bahan yang efektif membantu melawan penyakit diabetes menjadi salah satu manfaat bunga telang berikutnya. Penelitian menyebutkan bahwa bunga telang yang dapat mengubah warna, efektif untuk menjaga kadar gula dan menyembuhkan diabetes tipe II.
Konsumsi secangkir teh bunga telang diantara waktu makan terbukti mampu mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar glukosa darah. Serta minum teh bunga telang dapat menghambat penyerapan glukosa berlebih dari makanan, dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali.
7. Meringankan Gejala Asma
Ekstrak bunga telang memiliki sifat antioksidan dan antiasthmatic, yang dipercaya dapat meringankan gejala asma dan bronkitis.
 
Sejumlah manfaat bunga telang tadi bisa menjadi pertimbangan untuk Sobat ASPRA mengonsumsi teh bunga telang. Meski memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, sebaiknya Sobat ASPRA berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari terjadinya alergi.
 
Sumber : halodoc.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dirrect Chat
Need Help?
Halo Saya Novy, Ada yang bisa di bantu ?